Minggu, 02 Desember 2012

Pentingnya Membangun Tim Work

Acapkali problem utama yang terjadi bagi seorang karyawan baru di suatu perusahaan adalah mendapatkan kritik dari rekan kerja maupun manajemen karena tidak mampu bekerja sama dengan orang lain terutama dengan mereka yang lebih rendah tingkat pendidikannya namun memiliki pengalaman kerja yang lebih lama. 
Hal ini perlu disadari oleh karyawan baru itu bahwa kemampuan bekerja sama dengan orang lain merupakan modal dasar hidup berkelompok atau berorganisasi. Harus diingat, perusahaan memerlukan "super team" bukannya "super man" 

Definisi Team / Kelompok 

Sebelum masuk ke pengertian team work, ada baiknya kalau kita memahami terlebih dahulu unsur-unsur yang ada dalam sebuah team. Sebuah team, umumnya memiliki beberapa unsur, yaitu 
1. Sekelompok orang 
2. Memiliki tujuan yang sama 
3. Ada kerjasama 

Berdasarkan unsur-unsur diatas, maka team adalah " sekelompok orang yang enerjik dan memiliki komitmen untuk mencapai tujuan umum dengan membangun dan membentuk kerjasama guna memperoleh hasil dengan kualitas tertinggi" atau dengan pengertian lain, team adalah "kumpulan orang-orang yang harus mengadalkan kerjasama grup jika masing-masing anggotanya ingin mengalami keberhasilan dan pencapaian tujuan yang optimum." 

Team beranggotakan orang-orang yang dikoordinasikan untuk bekerjasama, yang antara lain memiliki tujuan dan pencapaian target yang sama.


Peran Team

Kepuasan yang dicapai melalui sebuah team dihasilkan dari menguatnya sistem nilai seseorang setelah adanya sharing nilai. Selain itu individu juga mendapatkan kekuatan psikologis karena adanya kebersamaan.

Tujuan dibentuknya team adalah untuk mengumpulkan sumber daya kolektif guna mencapai keputusan yang lebih baik, dengan asumsi bahwa kemampuan dan pengalaman anggota dapat dimanfaatkan secara optimal.

Kombinasi antara skill akan mempermudah proses kerja dan juga akan lebih mampu menciptakan serta mengembangkan gagasan daripada pekerjaan itu dikerjakan sendiri.

Berdasarkan proses kerja yang dilakukan oleh sebuah team dalam mengelola kegiatan, maka unsur-unsur manajemen yang sebaiknya dijadikan dasar adalah Plan, Do, Check, Action atau yang lebih dikenal dengan istilah PDCA.

Plan, merupakan proses awal yang diperlukan untuk memastikan bahwa sumber daya yang diperlukan cukup memadai baik segi kualitas maupun kuantitasnya serta menentukan secara jelas arah/ sasaran kegiatan.

Perencanaan yang baik mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain:
1. Sumber daya manusia
2. bahan baku, material, peralatan, dan apa saja yang digunakan dalam proses kegiatan
3. metode atau cara kerja
4. faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi proses kerjanya

Sedangkan dalam format rencana pelaksanaannya sebaiknya mampu menjawab beberapa hal  dibawah ini:
1. Apa yang akan dikerjakan/ dikelola
2. Mengapa harus dikerjakan atau apa akibatnya bila tidak dikerjakan
3. Bagaimana cara mengerjakan
4. Kapan dan dimana tempatnya
5. Siapa pelaksananya
6. Berapa biayanya

Do, kerjakan apa yang telah dirancanakan. Catat bila ada hal-hal penting selama proses mengerjakan kegiatan tersebut.

Check, merupakan kegiatan evaluasi untuk melihat apakah sasaran telah dicapai dengan cara membandingkan antara perencanaan dan pelaksanaannya.

Action, adalah suatu tindak lanjut untuk melakukan penyempurnaan pekerjaan apabila ada yang belum tercapai.

Proses PDCA ini jika sudah terlaksana, akan berubah menjadi SDCA, yaitu Standart, Do, Check, Action. Mengapa menjadi standart, karena plan yang telah terlaksana sesuai dengan sasaran akan menjadi masterpiece untuk tindakan pekerjaan secara rutin.
(referensi Mas Bambang PS)
SALAM SUKSES

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar